Apa Sih Alkimia itu?


Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing mendengar Kata Alkimia dan sudah ada yang memahaminya, tetapi sebagian dari kita mungkin Hanya sekedar tau dan mendengar Alkimia tanpa tahu apa itu Alkimia? Kita Mulai dari yang sederhana dulu ya

Alkimia adalah protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Dua tujuan yang saling berkaitan yang diupayakan oleh banyak ahli alkimia adalah batu filosof, sebuah zat mitos yang memungkinkan terjadinya transmutasi logam biasa menjadi emas; dan panacea universal, obat yang dapat menyembuhkan segala penyakit dan memperpanjang usia. Alkimia dapat dipandang sebagai cikal-bakal ilmu kimia modern sebelum dirumuskannya metode ilmiah.

Kata alkimia berasal dari Bahasa Arab al-kimiya atau al-khimiya (الكيمياء atau الخيمياء), yang mungkin dibentuk dari partikel al- dan kata Bahasa Yunani khumeia (χυμεία) yang berarti "mencetak bersama", "menuangkan bersama", "melebur", "aloy", dan lain-lain (dari khumatos, "yang dituangkan, batang logam"). Etimologi lain mengaitkan kata ini dengan kata "Al Kemi", yang berarti "Seni Mesir", karena bangsa Mesir Kuno menyebut negerinya "Kemi" dan dipandang sebagai penyihir sakti di seluruh dunia kuno..

Alkimia mencakup beberapa tradisi filsafat yang tersebar selama empat ribu tahun dan tiga benua, dan ketertarikan umum mereka pada bahasa yang penuh sandi dan perlambangan menyulitkan kita melacak hal-hal yang memengaruhi dan hubungan "genetisnya".

Kita dapat membedakan sedikitnya dua benang utama, yang tampaknya tidak bercampur, setidaknya pada tahap-tahap awal: alkimia Tiongkok, berpusat di Tiongkok dan wilayah pengaruh budayanya; dan alkimia Barat, yang pusatnya berpindah-pindah antara Mesir, Yunani dan Roma, dunia Islam, dan akhirnya kembali ke Eropa. Alkimia Tiongkok berkaitan erat dengan Taoisme, sementara alkimia Barat mengembangkan sistem filsafatnya sendiri, yang hanya sedikit berkaitan dengan agama-agama besar Barat. Masih belum terjawab apakah kedua benang ini memiliki asal usul yang sama, atau sejauh apa mereka saling memengaruhi.(Wikipedia)

 Setelah kita tau dasar dari Alkimia itu sendiri, selanjutnya kita akan Membahas Keterkaitan Alkimia dengan Sihir, Hah?Maksudnya?Memang iya ya? Tenang, ada penjelasannya kok


 Pada beberapa cerita kita sering mendengar tentang adanya ilmuwan-ilmuwan zaman dahulu yang berusaha mengubah besi menjadi emas, membuat ramuan keabadian, dsb. Apakah mereka mengada-ada,apakah mereka itu hanya cerita bohong?
Tidak! mereka memang ada, dan mereka tidak mengada-ada. Mereka dapat kita golongkan sebagai ilmuwan, dan dapat juga kita golongkan sebagai penyihir. Nah penggabungan ilmuwan dan penyihir inilah yang disebut dengan "Alchemist".

Apa itu alchemist?

Alchemist adalah orang-orang yang mempelajari tentang alkimia. Apa itu alkimia? Alkimia adalah ilmu kimia yang didasari dengan paham spiritual sehingga bertujuan untuk membuat benda-benda atau materi-materi yang tidak masuk akal, dan bertujuan untuk melawan hukum alam. Kata alkimia berasal dari Bahasa arab al-kimiya atau al-khimiya (الكيمياء atau الخيمياء), yang mungkin dibentuk dari partikel al- dan kata Bahasa Yunani khumeia (χυμεία) yang berarti "mencetak bersama", "menuangkan bersama", "melebur", "aloy", dan lain-lain (dari khumatos, "yang dituangkan, batang logam"). Etimologi lain mengaitkan kata ini dengan kata "Al Kemi", yang berarti "Seni Mesir", karena bangsa Mesir Kuno menyebut negerinya "Kemi" dan dipandang sebagai penyihir sakti di seluruh dunia kuno.

Materi yang paling terkenal dicoba dibuat oleh para alchemist adalah Grand Elixir of Immortality, yaitu ramuan yang bisa memanipulasi umur dan regenerasi sel manusia menjadi tidak terbatas sehingga bisa dikatakan abadi. Para alchemist dari daratan Cina lah yang pertama kali mengkaji dan mencoba membuat ramuan ini.


 Kedua adalah mencoba membuat Philosopher's Stone yaitu materi yang bisa mengubah logam biasa menjadi emas(Chrysopoeia). Transmutasi logam biasa menjadi emas melambangkan upaya menuju kesempurnaan atau ketinggian tertinggi eksistensi. Ahli alkimia meyakini bahwa seluruh alam semesta sedang bergerak menuju keadaan sempurna; dan emas, karena tak pernah rusak, dianggap zat yang paling sempurna. Dengan mencoba mengubah logam biasa menjadi emas, mereka sebenarnya mencoba membantu alam semesta. Maka, cukup logis jika mereka berpikir bahwa dengan memahami rahasia ketakberubahan emas, mereka akan menemukan kunci untuk menangkal penyakit dan pembusukan organik; demikianlah pertautan antara tema-tema kimiawi, spiritual, dan astrologi menjadi ciri-ciri alkimia zaman pertengahan.

Meskipun kedua hal diatas sangat populer, belum ada laporan yang menyatakan keberhasilan para alchemist untuk membuatnya. Setidaknya sampai berita menggemparkan tentang alchemist Count St. Germain. St. Germain adalah orang yang rumornya memiliki hidup abadi dari Elixir of Life yang diciptakannya. Hal ini didukung oleh kemunculan dan andilnya dalam kejadian-kejadian besar selama beberapa abad.Banyak rumor yang menyatakan bahwa St.Germain adalah Merlin yang ada di legenda Raja Arthur.



Nah, apa kaitan mereka dengan sihir?

Jelas sangat berkaitan. Sihir-sihir yang pernah dipertunjukkan manusia sekarang ini adalah hal sederhana dalam alkimia. Para alchemist dapat membuat api dari jarinya hanya dengan menggunakan senyawa dan campuran bahan kimia tertentu. Semua hal yang tidak masuk akal yang kita sebut dengan sihir, adalah hal yang sangat lumrah dan logis di dunia alkimia.


Pada umumnya, orang menganggap ahli alkimia sebagai ahli pseudosains yang berupaya mengubah timah menjadi emas, meyakini bahwa semua materi tersusun atas empat unsur tanah, udara, api, dan air, dan mengulik pingiran mistisisme dan Sihir. Dari sudut pandang masa kini, upaya dan keyakinan mereka dianggap memiliki keabsahan terbatas, tetapi kalau mau objektif, kita harus menilai mereka dalam konteks zaman mereka. Mereka mencoba menjelajahi dan menyelidiki alam sebelum tersedianya sebagian besar alat dan praktik ilmiah dasar, dan alih-alih bergantung pada pegalaman, tradisi, pengamatan dasar, dan mistisisme untuk mengisi lobang-lobang ini.

Untuk memahami para ahli alkimia, cobalah merenungkan betapa ajaibnya perubahan suatu zat menjadi zat lain, yang menjadi dasar metalurgi sejak dimulainya ilmu ini pada akhir zaman Neolitikum, bagi kebudayaan yang tidak memahami fisika atau kimia secara formal. Bagi ahli alkimia, tak ada alasan kuat untuk memisahkan dimensi kimiawi (material) dengan dimensi penafsiran, perlambangan, atau filsafat. Pada masa itu, fisika yang tak memiliki wawasan metafisika dianggap tak lengkap seperti halnya metafisika yang tak memiliki perwujudan fisik. Jadi, lambang dan proses alkimia biasanya memiliki baik makna batiniah yang merujuk pada perkembangan spiritual praktisinya, maupun makna material yang berkaitan dengan perubahan fisik zat. (daritintapenaku )

Apakah Alkimia itu Berkaitan dengan Yahudi dan Zionisme?



Dalam praktiknya alchemist sering menggunakan lambang atau lingkaran yang menunjukan filosofi tentang kehidupan. Banyak lambang-lambang yang di pakai oleh para alkemis, salah satunya adalah seperti pada gambar diatas ( ekafitriasari )


Selain Gambar diatas, masih banyak lagi Lambang-lambang yang erat kaitannya dengan Yahudi maupun Zionisme Seperti banyak yang digambar oleh Film - Film atau Hal - Hal yang menggambarkan Tentang Alkimia seperti yang banyak orang ketahui, seperti Gambar-gambar berikut ini








Anime yang Bercerita atau berlatar Alkimia
Anime yang Bercerita atau berlatar Alkimia



Gambar-gambar tersebut hanya beberapa gambar dan sering dikaitkan dengan Alkimia, Terlepas Benar atau tidaknya Gambar itu dari Yahudi dan Zionisme Kembali ke diri kita masing-masing dalam menilai dan menyikapinya.

Beberapa Orang yang diduga atau Memang Berhubungan dengan Alkimia atau biasa disebut dengan Alchemist, ini dia salah satu Contohnya :



      
   Comte de saint Germain atau Count St. Germain. Banyak legenda yang tercipta di sekeliling kehidupannya. Ada yang percaya kalau ia adalah manusia abadi yang telah berusia 2.000 tahun. Ada yang mengatakan kalau dia adalah reinkarnasi dari orang-orang besar seperti Plato atau Hesiod. Ada lagi yang percaya kalau ia adalah orang yang sama dengan Merlin, sang penyihir penasehat raja Arthur, dan banyak lagi. Sebagian orang menyebutnya sebagai keturunan Yahudi Alsatian, Yahudi Portugis atau bahkan keturunan raja Portugis. Ia fasih dalam berbagai profesi yang dijalaninya: petualang, penemu, herbalis, alkemis, pianis, pemain biola dan komposer. Dalam satu kesempatan, ia mengatakan kalau ia memiliki kemampuan untuk mengubah logam dasar menjadi emas dan mampu mengubah beberapa permata kecil menjadi satu permata yang lebih besar. Bukan hanya itu, ia bahkan juga mengklaim mampu mengubah batu biasa menjadi berlian.



Theophrastus Philippus atau Paracelsus. Seorang anak dari seorang dokter yang bernama Von Hohenheim. Ia lahir di Swiss pada tahun 1493. Pengaruhnya terhadap perkembangan alkimia adalah ketika ia mempelopori perombakan dalam sisitim pengobatan. ia berpendapat bahwa dalam tubuh manusia terdapat tiga unsur utama, atau biasa disebut "tiga prima" yaitu, garam, belerang, dan raksa. Menurutnya ketika seseorang sakit, berarti terjadi ketidakseimbangan pada ketiga unsur tersebut. berdasarkan asumsi seperti itu, Paracaelsus berpendapat bahwa suatu penyakit harus disembuhkan dengan obat-obatan yang berasal dari Mineral.(ekafitriasari )

Hal yang perlu dilakukan untuk mempelajari alkimia Versi belajarkimia :
  • Pertama-tama saya sarankan untuk yang tertarik belajar alkimia (kalau ada) untuk sejenak mengosongkan cangkir, untuk sementara “melupakan” hal-hal yang berkaitan dengan atom, yang berdasarkan pengalaman saya, hanya membuat pikiran berspekulasi / menebak yang bukan2, bikin pusing, sehingga malah membuat susah untuk menerima konsep alkimia, kesampingkan pengetahuan atom tersebut sampai dapat menerima teori dan konsep alkimia.
  • Kedua, mengerti jargon2 alkimia beserta simbol2nya. Simbol2 seperti simbol 4 elemen, simbol planet2, nama lain dari tiap2 logam2 akan sangat membantu pada awal belajar alkimia. Begitu juga tentang nama2 operasi2 alkimia, dan materi2nya, pokoknya pertama2 merupakan pelajaran menghafal.
  • Selanjutnya, sama seperti di sekolah, yaitu membaca text2 alkimia (yang banyak terdapat di internet), namun disarankan terlebih dahulu untuk membaca buku2 modern tentang alkimia, yang biasanya sangat ramah terhadap pemula dan berisikan penjelasan2 pembuka bagi orang awam.
  • Terakhir, tentu saja, praktek, buku2 modern biasanya disertai instruksi praktek (walaupun sifatnya informasional, dan penulis tidak bertanggung jawab atas penggunaan/penyalahgunaannya). Mulai dari yang paling gampang, paling aman, paling murah, dan yang paling dimengerti, supaya meminimalisir kegagalan, karena kegagalan dapat berarti fatal (bagi dompet atau bagi kesehatan sang pelajar).
Intinya, cara mempelajari alkimia yang baik adalah bekerja dengan pikiran sebelum bekerja dengan tangan, agar mencapai success rate yang tinggi saat pelaksanaannya, dan menghindari hal2 yang tidak diinginkan.
Namun yang seringkali dianggap berat dalam mempelajari alkimia bisa dibilang adalah ongkos prakteknya yang kadang2 memerlukan alat2 yang mahal (seperti glassware, material, tungku etc.), dan bahan2 yang susah dicari/dikumpulkan (seperti bijih mineral), jadi disarankan memiliki finansial yang stabil sebelum terjun praktek yg berat2. Pengertian tentang dasar2 penggunaan alat2 laboratorium juga sangat membantu (umumnya mengenai perawatan dan penggunaan glassware/alat2 lab).

Tapi ada kalimat pepatah yang mengatakan: “kalau kau bekerja serius dengan apa2 yang kau miliki, maka kau akan dianugerahi hal2 yang kamu butuhkan, yang saat ini belum kamu miliki”

Apakah Perbedaan Alkimia dan Kimia?

Salah satu perbedaan besar alkimia dengan kimia adalah, pada dasar alkimia, diajarkan bahwa semua benda di alam (termasuk logam dan mineral... dan kotoran makhluk hidup) hidup dan memiliki spirit.

Spirit inilah yang menjadikan perbedaan antara produk alkimia dengan kimia (produk alkimia is alive). Oleh karena itu berbagai macam usaha dilakukan para alkemis agar tidak kehilangan spirit dari material yang dikerjakan, dengan menutup kedap udara, menjaga dari suhu tinggi dan asam mineral,dsb.( alkhemi )
Share on Google Plus

About Unknown

Hanyalah Seorang Manusia Biasa yang tidak lepas dari Kesalahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar