Erick Thohir dan Inter Milan



Erick Thohir merupakan Pengusaha asal Indonesia yang mendadak terkenal tahun lalu  karena aksinya yang membeli mayoritas saham dari Klub asal Italia yaitu Inter Milan.Banyak Orang yang tidak mengetahui siapakah Erick Thohir itu sebenarnya.Oleh karena itu mari kita bahas selengkapnya mengenai sosok Erick Thohir ini

Erick Thohir lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970 yang merupakan pengusaha asal Indonesia yang merupakan salah satu pendiri Mahaka Media. Erick Thohir juga merupakan anak dari Teddy Thohir yang merupakan co-owner atau salah satu pemilik dari Astra International bersama Saudaranya.Apakah Mahaka Media itu?

PT Mahaka Media Tbk (Perseroan) didirikan di Jakarta dengan nama PT Abdi Bangsa pada tanggal 28 November 1992 dengan Akta No. 229, kemudian diubah dengan Akta No. 157 tanggal 17 Desember 1992, yang keduanya dibuat di hadapan Ny. S.P. Henny Shidki, S.H., Notaris di Jakarta dan telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya No. C2-10310.HT.01.01.TH.92 tanggal 19 Desember 1992 serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 9/1993 tanggal 29 Januari 1993, tambahan No. 564/1993.

Pada tanggal 4 Januari 1993, Perseroan mendirikan Harian Republika, surat kabar pertama bagi komunitas Muslim di Indonesia. Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 4 Mei 2010, nama PT Abdi Bangsa Tbk berubah menjadi PT Mahaka Media Tbk dan telah memperoleh persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI berdasarkan keputusan No. AHU-24811.AH.01.02 Tahun 2010, pada tanggal 17 Mei 2010.

Tahun 2002 merupakan tahun penting dalam sejarah berdirinya Mahaka Media, dimana perusahaan ini pertama kali mencatatkan sahamnya sebagai PT Abdi Bangsa Tbk pada tanggal 3 April 2002 di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan menjadikannya sebagai perusahaan penerbitan surat kabar pertama yang menjadi perseroan publik.

Pada tahun 2003, Mahaka Media mulai mengawali perkembangannya sebagai sebuah Induk Perusahaan Multi Media (Multi Media Holding Company) dengan membawahi 2 (dua) unit usaha yaitu PT Pustaka Abdi Bangsa dan PT Republika Media Mandiri. Kemudian melalui Penawaran Umum Terbatas III pada tanggal 29 September 2004, perkembangan Mahaka Media menjadi lebih luas dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan PT Indopac Usaha Prima di beberapa perusahan lain seperti PT Media Golfindo yang bergerak dalam penerbitan majalah berlisensi, PT Mahaka Visual Indonesia yang bergerak di bidang animasi dan PT Avabanindo Perkasa yang bergerak dalam media iklan luar ruang, sehingga memperkuat kedudukan Perseroan menjadi Perusahan Induk Multi Media.

Erick menjadi Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 30 Juni 2008, ia kemudian menjabat sebagai komisioner sejak Juni 2010 hingga kini

Singkat cerita, kesuksesannya itu membuat dia berhasil membeli klub raksasa Italia itu yakni Intermilan.


Alasan dia membeli Saham Intermilan karena diketahui menjadi pengagum berat striker Nerazzurri era 1998/99 dan 2000/05, Nicola Ventola. Menurut Erick, Ventola merupakan salah satu pemain yang memiliki ciri khas tersendiri dibanding pemain lain. Dan itulah yang membuat Erick sangat menyukai Ventola.

Erick sendiri pada dasarnya menyukai Olahraga seperti Olahraga Basket dan Sepak Bola.Dia juga pernah menjabat sebagai ketua Umum PERBASI Pada tahun 2006-2010.Selain inter dia juga memiliki Klub Sepak Bola dari Indonesia yaitu Persib Bandung.

Erick Melakukan Pertemuan dengan Moratti (yang sebelumnya pemegang saham Mayoritas atau pemilik dari Inter selama 20 tahun) pada tahun 2013 lalu yang awalnya tidak mengakui soal pembelian saham itu.Pada akhirnya diketahui Erick Membeli Saham Inter Milan Sebesar 250-300 Juta Euro atau sekitar 2,8-3,2 Trilliun Rupiah.Dengan pembelian dalam jumlah segitu besarnya membuat dia berhasil mendominasi saham Inter yang juga membuatnya menjadi pemilik Klub sepak bola itu.Tepat pada Idul Adha kemaren Inter Milan resmi menjadi milik Erick.

Hal ini Merupakan sesuatu yang membanggakan nama Indonesia di mata dunia.Karena Erick Thohir yang merupakan pengusaha asal Indonesia sekarang dilirik oleh dunia international terutama pecinta Seri A liga Italia.Semoga selain Erick Thohir Banyak orang indonesia lainnya yang kelak akan dikenal dunia yang tentu membawa nama baik Indonesia.



Share on Google Plus

About Unknown

Hanyalah Seorang Manusia Biasa yang tidak lepas dari Kesalahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar