Bisnis Duren


Durian merupakan buah yang digemari masyarakat Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Walaupun baunya bisa luar biasa dan Anda bisa mabuk jika makan terlalu banyak, tidak ada yang mengalahkan sensasi rasa yang ditawarkan buah durian. Karena itu, tak heran jika makanan dan minuman dari buah ini menjadi bisnis trend bidang kuliner yang patut dijajaki, terutama karena masih banyak inovasi kuliner yang bisa diterapkan pada buah yang sangat fleksibel ini.
Alasan Memilih Durian untuk Bisnis Kuliner
Dari sekian banyak buah yang bisa dipilih sebagai bahan baku, mengapa durian menjadi primadoa untuk tren bisnis baru? Alasan utamanya mungkin karena banyak orang yang masih merasa kesulitan mencari ide untuk mengolah durian, dibandingkan dengan mengolah buah-buahan seperti jeruk, apel, pepaya, pisang dan alpukat, misalnya. Rasa durian yang sangat manis dengan aroma tajam membuat banyak orang sedikit ‘ciut’ saat hendak mencari ide untuk mengolah makanan dari durian.
Padahal, rasa manis durian itu justru menjadi daya tariknya. Anda bisa memasarkan kuliner dari buah durian kepada dua kelompok pelanggan, yaitu penggemar berat durian yang ingin mencicipi hidangan dari buah kesukaannya, serta orang yang tak begitu suka makan durian karena aroma tajam dan rasanya yang bisa membuat agak panas di tenggorokan namun penasaran ingin mencoba rasa durian di dalam makanan (dimana rasa dan bau duriannya tak terlalu menyolok).
Durian juga bukan buah yang sulit didapatkan di Indonesia; Anda bahkan tak perlu repot membeli durian monthong asal Thailand, misalnya, untuk kelezatan maksimal. Cukup dengan durian lokal, Anda bisa mengolah makanan dan minuman yang lezat. Karena masih jarangnya durian dieksplorasi sebagai hidangan kuliner dan minuman yang memang menonjolkan duriannya, usaha kuliner durian menjadi trend bisnis 2014 yang cukup menjanjikan.
Ide Pembuatan Hidangan dari Durian
Berikut adalah beberapa ide untuk membuat makanan dan minuman berbahan dasar durian, yang bisa Anda praktikkan di lingkungan Anda:
  • Pancake durian, yaitu kue semacam pancake yang adonannya dicampur dengan durian dulu sebelum digoreng dengan margarine dan kemudian diberi krim. Di Jakarta, makanan manis ini sudah mulai dikenal dan bahkan sudah ada gerai serta kios mobilnya. Akan tetapi, daerah lain belum banyak mengenal makanan ini.
  • Ketan durian, yaitu hidangan kue jadah/ketan yang adonannya dicampur atau diisi durian. Kue-kue ini sudah mulai terdapat di beberapa gerai kue dan supermarket di Jakarta, namun belum begitu dieksplorasi di daerah lain.
  • Sop durian, yaitu variasi sop buah tetapi isinya yang dominan adalah durian. Sop ini hampir mirip dengan sop buah; duriannya direndam dalam es susu, lalu diberi cincau, es, roti dan bermacam taburan sesuai selera seperti cokelat butir dan bahkan ketan hitam atau tape ketan.
  • Es durian, yaitu semacam es campur yang diselipkan durian di antaranya. Gerai es durian ini sekarang sudah mulai banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Serabi durian, yaitu variasi kue serabi yang adonannya sama saja dengan serabi biasa, tetapi adonannya dicampur durian dan diberi aroma pandan.
Berbagai ide kuliner durian ini bisa Anda kombinasikan dengan jajanan lain atau menjadi produk utama dagangan usaha kuliner Anda. Durian adalah buah yang selalu ada penggemarnya, jadi usaha kuliner berbahan durian bisa menjadi trend bisnis yang cukup laris.

Share on Google Plus

About Unknown

Hanyalah Seorang Manusia Biasa yang tidak lepas dari Kesalahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar