Bisnis Cacing dengan Omset 300 Juta Sebulan

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian jika mendengar kata Cacing?Tentu saja yang mungkin terlintas dalam pikiran dalam pikiran sebagian orang yaitu Hewan Kecil yang menggeliat dan menjijikan dan Bahkan Sebagian orang juga enggan memegangnya, Tapi apa jadinya Jika Seekor Cacing itu di Budidaya dan diperbanyak?Mungkinkah menguntungkan?

Ternyata Seekor Cacing dapat menghasilkan keuntungan yang luar biasa tanpa disadari oleh banyak orang.Ya, Hal itu dapat dilihat dari Seorang yang sukses dalam membudidaya cacing yang bernama Abdul Azis Adam Maulida atau akrab disapa Adam yang Lahir di Malang,Jawa Timur.

Seperti Dilansir Oleh Kompas.com, Adam mengaku, ketika mulai merintis budidaya cacing, dia belum mendapatkan pasar sama sekali. Hingga pada akhir 2010, dia mendapat titik terang. Seorang pemilik tempat pemancingan mendatangi peternakannya untuk memesan cacing.
Dulu, Rumah Cacing, nama peternakan cacing milik Adam, hanya bisa memproduksi lima kilogram cacing per minggu. Akan tetapi, kini, dia bisa memproduksi hingga tujuh ton cacing tanah per bulan. Omzetnya pun meningkat pesat. Dalam sebulan Adam bisa mengantongi sekitar Rp 300 juta.
Adam bilang, ia butuh proses cukup panjang untuk bisa menemui kesuksesan seperti saat ini. Setelah memasok cacing untuk beberapa tempat pemancingan di Malang, Adam semakin giat meningkatkan produksi. Nama Adam pun mulai dikenal penduduk Malang. Ia bahkan disebut-sebut orang sebagai Bapak Cacing.
Pada 2011 ia mendapat order untuk memasok cacing oleh Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur. Sayang, Adam belum bisa langsung menyanggupi. Pasalnya, produksi cacingnya per bulan belum mencapai satu ton, seperti permintaan Dinas Perikanan itu.
Tak hilang akal, Adam menularkan ilmunya ke orang lain. Dia melakukan sosialisasi soal cacing ke masyarakat di sekitar Malang, sekaligus mengajak mereka untuk ikut membudidayakan cacing. “Saya ajak mereka untuk datang ke Rumah Cacing, lalu saya ajari cara beternak cacing,” ucap dia.
Di awal, usaha ini belum berbuah banyak. Hanya ada dua orang yang mau bergabung dengan Adam. Lalu, Adam mengembangkan sistem plasma dengan lebih terkoordinasi. Dengan sistem plasma, siapa pun yang bergabung akan mendapat pelatihan dari Rumah Cacing. Selanjutnya, Adam akan membeli hasil panen cacing dari anggota plasma.
Sampai saat ini, Adam sudah memiliki sekitar 1.600 anggota plasma. Namun, tidak semua anggota bisa konsisten memasok cacing padanya. “Dari keseluruhan jumlah anggota, sekitar 700 orang aktif menjual hasil panennya pada saya,” kata dia.

Dari yang kita lihat diatas, Ternyata Hal-hal yang kelihatannya tidak ada harganya apabila dimanfaatkan dan dikelola dengan benar dapat mendapatkan keuntungan yang luar biasa Fantasis.Satu Hal lagi, apabila kita menjalankan sesuatu dengan Konsisten dan berfokus serta bersungguh2 dalam menjalaninya pasti ada jalan bagi kita.

Semoga Kesuksesan yang diraih oleh Bapak Adam dapat menginspirasi kita semua dan semoga Bapak Adam dapat terus berkarya dan mengembangkan Bisnisnya itu
Share on Google Plus

About Unknown

Hanyalah Seorang Manusia Biasa yang tidak lepas dari Kesalahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar