Jenis-Jenis Harimau diseluruh Dunia


1.Harimau Malaya

Banyak ditemukan di bagian selatan Semenanjung Malaysia dengan populasi sekitar 500 ekor, hewan ini termasuk mempunyai ukuran kecil diantara semua subspesies (jenisnya). Berat rata-rata harimau ini sekitar 120 Kg untuk jantan dan 100 Kg untuk betina.( anekainfounik )



2.Harimau Biru

Benar tidaknya keberadaan harimau ini, tapi ada yang mengatakan harimau ada di daerah sekitar Fujian China.Harimau ini memiliki warna biru ditubuhnya, dan kemungkinan besar harimau ini sudah sangat langka atau bahkan sudah tidak ada.




3.Harimau Emas atau Golden Tiger

Harimau ini pertama kali ditemukan di India Tahun 1983. Populasinya hanya sekitar 30 an diseluruh dunia.Hewan ini memiliki corak yang tidak biasa yg bewarna kuning keemasan dan sebenernya harimau ini merupakan hasil Mutasi Gen dari harimau benggala atau bengal di India.


4.Harimau Putih

Harimau ini msh banyak kita temui di penangkaran" atau dikebun Binatang, tp keberadaannya di alam liar bisa dikatakan sedikit.Harimau yang memiliki warna putih merupakan keturuan dari harimau Benggala.



5.Harimau Dahan

Bisa dikatakan harimau ini sangat langka dan susah sekali untuk ditemui.Hal ini terjadi karena maraknya perburuan di habitatnya .Memiliki karakter menyendiri dan hidupnya lebih banyak diatas Pohon.Di Hutan sendiri hewan ini bisa bertahan hidup Hingga 15 tahun


6.Harimau Indochina

Hewan ini banyak ditemukan di negara-negara  seperti Vietnam, Laos, Thailand, China dan Kamboja dengan estimasi populasi sekitar 1100 ekor. Harimau ini berwarna lebih gelap dan berukuran lebih kecil daripada Harimau Benggala dimana berat jantannya sekitar 150 sampai 195 kg dan betina sekitar 100 sampai 130 Kg.( anekainfounik )


7.Macan Kumbang

memiliki karakteristik bewarna Hitam.Macan kumbang ini juga msh sering kita jumpai terutama di Kebun Binatang.Hingga saat ini keberadaannya di alam liar mulai menyusut karena banyaknya pembukaan lahan yang mengakibatkan tergerusnya habitatnya.Dan tidak jarang macan kumbang menyerang manusia,sudah banyak kasus yang terjadi akibat serangan macan kumbang ini


8.Harimau Cina Selatan

Disebut juga dengan nama Harimau Amoy dan Xiamen, hewan ini merupakan hewan yang paling kritis jumlah populasinya dan paling terancam punah dengan jumlah populasi sekitar 59 ekor. Ukuran jantan dan betina dapat mencapai 2,2 sampai 2,6 meter dengan berat tubuh 127-177 kg untuk betina dan 100-118 Kg untuk jantan.
Demikianlah paparan jenis-jenis harimau yang ada di dunia. Jenis lainnya yang sudah punah adalah Harimau Caspian yang telah punah sekitar 1950-an, Harimau Jawa yang telah punah sekitar 1972, Harimau Bali yang telah punah sekitar 1937 dan Harimau Tasmania. 


9.Harimau Siberia
Harimau siberia adalah hewan yang terancam punah. Pada awal tahun 1900-an, harimau siberia masih dapat ditemukan di sepanjang Semenanjung Korea, barat laut Mongolia, tenggara Rusia, dan barat laut Tiongkok. Kini subspesies ini telah hampir punah total dari Korea Selatan dan kebanyakan hidup di sebuah wilayah kecil di sebelah selatan Timur Jauh Rusia (kawasan Amur-Ussuri diPrimorye dan Khabarovsk sebuah tempat harimau siberia dan macan tutul amur sedang dilindungi). Tinggal sedikit yang masih hidup di Manchuria dan Korea Utara


10.Harimau Sumatra
Harimau Sumatra merupakan 1 dari 3 jenis Harimau yang ada di Indonesia yaitu ; Harimau Jawa,Bali,dan Sumatra.Dan yang tersisa hanya tinggal harimau Sumatra karena Harimau Jawa dan Bali sudah dinyatakan punah itupun perburuan terhadap harimau Sumatra masih gencar dilakukan.Oleh Sebab itu, pemerintah dan masyarakat diharuskan atau mengharuskan perlindungan terhadap harimau ini
Share on Google Plus

About Unknown

Hanyalah Seorang Manusia Biasa yang tidak lepas dari Kesalahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar