Anjing Ternyata Bisa Mendengar Perkataan Manusia Loh!


Komunikasi sudah menjadi bagian vital dalam kehidupan manusia, agar dapat menyampaikan sebuah informasi. Rupanya komunikasi tidak hanya dilakukan oleh manusia dan manusia, namun hewan seperti anjing juga dikabarkan dapat membedakan dan memproses suara manusia.
“Meskipun kami tidak dapat mengatakan seberapa banyak dan cara anjing memahami sebuah informasi, namun berdasarkan penelitian kami mengatakan bahwa anjing bereaksi terhadap informasi verbal dan suara, sehingga mereka dapat memproses dalam otak mereka,”ujar Voctoria Ratcliffe dilansir Sciencedaily, Minggu (30/11/2014).
Ratcliffe mengatakan lebih lanjut bahwa anjing menerima suara manusia dari telinganya, kemudian ditransmisikan ke otak yang berlawanan dari telinga yang digunakannnya untuk mendengar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anjing memiliki bentuk otak setengah bulat, dimana terdapat otak kiri dan kanan yang bekerja berbeda. Salah satu otak memproses lokalisasi suara yang masuk, sedangkan otak lainnya bekerja untuk mengolah informasi tersebut.
Ratcliffe dan supervisor David Reby mengungkapkan, langkah logis berikutnya untuk menyelidiki apakah anjing menunjukkan hal tersebut adalah adanya proses menanggapi informasi yang dikirimkan dalam bahasa manusia. Suara yang masuk dari kedua sisi telinga anjing pada waktu yang sama, disesuaikan berdasarkan amplitudo yang sama.
Tentu saja, itu tidak berarti bahwa anjing benar-benar mengerti apa yang dikatakan manusia, tapi mereka dapat benar-benar mendengar apa yang manusia katakan. Sehingga, tidak heran jika ada anjing peliharaan mengerti apa yang diperintahkan oleh majikannya.




Sumber : Okezone
Share on Google Plus

About Unknown

Hanyalah Seorang Manusia Biasa yang tidak lepas dari Kesalahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar